Simak Keuntungan Implementasi ERP di Bidang Kesehatan!

Sistem ERP merupakan inovasi yang sangat membantu pekerja di berbagai bidang. Dengan adanya ERP yang menyediakan berbagai modul, pengelolaan bisnis akan menjadi lebih terstruktur, efisien, serta mengurangi lama waktu pekerjaan. Dalam konteks klinik atau rumah sakit, ERP dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengelola berbagai data terkait pasien, tenaga kesehatan, pengaturan appointment,  resep obat, inventaris, data rawat inap, sampai data kelahiran. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi implementasi Odoo ERP dalam lingkungan klinik atau rumah sakit dengan modul-modul yang terkait.


source: Freepik


Menyimpan Data Pasien

Salah satu keunggulan Odoo ERP adalah kemampuannya untuk menyimpan dan mengelola data pasien secara terpusat. Fitur ini akan membantu klinik atau rumah sakit untuk menyimpan informasi penting seperti biodata pasie, .riwayat penyakit, hingga lifestyle masing-masing pasien beserta alerginya, Dengan adanya fitur ini, petugas medis dapat dengan mudah men-track down data pasien saat mereka datang ke fasilitas kesehatan, sehingga akan mempercepat proses diagnosis, dan memberikan perawatan yang sesuai.


source: Freepik
Mengatur Appointment
Manajemen appointment atau janji temu antara dokter dan pasien adalah bagian dari operasional klinik atau rumah sakit. Dengan modul Odoo ERP yang sesuai, pihak klinik atau rumah sakit dapat mengatur jadwal janji temu secara efektif dan minim miskomunikasi. Fitur-fiturnya terkait dengan penugasan dokter yang tepat dan pengiriman notifikasi kepada dokter dan pasien mengenai janji temu mereka. Hal ini membantu mengurangi waktu tunggu pasien dan meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan.

Source: Odoo


Merilis Invoice

Perilisan invoice dalam Odoo ERP memudahkan klinik atau rumah sakit dalam mengelola proses penagihan. Dengan antrian yang sangat panjang dan pasien yang banyak, pihak administrasi rumah sakit akan lebih cepat memproses karena seluruh aktivitas telah terintegrasi di satu tempat. Setelah pasien mendapatkan perawatan, sistem secara otomatis menghasilkan faktur berdasarkan layanan medis yang diberikan. Dengan adanya fitur ini, pelayanan rumah sakit akan menjadi lebih baik karena tidak lagi membiarkan pasien untuk berbolak-balik untuk mengurus administrasi.


source: Homecare24


Resep Obat dan Tagihan

Pembuatan resep obat juga dapat dilakukan dengan lebih cepat, karena apoteker telah memiliki data terintegrasi dari pemeriksaan pasien dengan dokter terkait. Tidak hanya meresepkan obat, dalam satu modul ini terdapat fitur yang menghasilkan invoice dari obat yang telah diresepkan. Dalam modul ini juga akan terintegrasi dengan modul inventory atau penyimpanan yang secara otomatis terupdate jika ada yang terjual.


Source: Odoo


Inventory

Penyimpanan berbagai stok di rumah sakit merupakan hal yang sangat kompleks karena meliputi inventaris obat, peralatan medis, dan printilan lainnya yang bervariasi di masing-masing divisi. Dengan adanya modul Inventory, stok dapat dikelompokkan dengan lebih rapi dan terstruktur sehingga pencarian akan lebih mudah melalui filter kategori. Modul ini juga akan mengelola stok secara efisien karena datanya selalu terupdate di setiap perubahan yang dibuat seperti penambahan atau pengurangan stok. Modul ini juga memungkinkan pemantauan stok obat yang tersedia dan mengirimkan notifikasi saat stok obat mendekati batas minimum. Dengan modul ini, klinik atau rumah sakit dapat menghindari kekurangan persediaan dan meminimalkan biaya terkait.


Source: Odoo Express


Data Rawat Inap dan Data Kelahiran

Odoo ERP juga menyediakan modul untuk mengelola data rawat inap dan data kelahiran. Modul ini mencakup pemantauan pasien yang dirawat di rumah sakit, termasuk pemberian perawatan, pengobatan, dan tindakan medis lainnya. Selain itu, modul ini juga mengintegrasujan pencatatan data newborn, termasuk informasi tentang bayi, ibu, dan perawatan yang diberikan.

Implementasi Odoo ERP dalam klinik atau rumah sakit dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan pengelolaan data yang lebih baik. Modul-modul yang tersedia akan membantu untuk mengoptimalkan operasional sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien, mengurangi kesalahan administrasi, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia. Dengan demikian, implementasi Odoo ERP dapat menjadi langkah penting dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan di klinik atau rumah sakit.

Jika Anda berasal dari bidang kesehatan dan tertarik untuk mengimplementasikan sistem ERP, silakan coba terlebih dahulu dengan request demo ke marketing@intisoftware.com.
Ragam Jenis ERP dan Manfaatnya