Ragam Jenis ERP dan Manfaatnya

ERP merupakan perangkat lunak yang saat ini telah banyak membantu berbagai lini bisnis untuk mengendalikan dan menyimpan data-data perusahaan. Sistem ini dapat mengintegrasikan berbagai proses bisnis, termasuk manajemen sumber daya manusia, keuangan, produksi, dan stok. Selain fiturnya yang beragam, ERP memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan perusahaan, diantaranya adalah ERP on-premise, ERP cloud, dan ERP mobile. Masing-masing dari jenis tersebut mempunyai manfaat, kelebihan, dan kekurangannya. Jadi, INTImates dapat mempertimbangkannya melalui sistem kerja yang sudah berjalan. Apabila masih bingung, silakan kontak Admin IntiSoft di kolom Contact Us untuk mengkonsultasikan kebutuhan Anda, GRATIS!


ERP On-Premise

ERP on-premise adalah jenis ERP yang diimplementasikan secara “offline” atau secara lokal di komputer atau server perusahaan. Dengan ERP on-premise, perusahaan memiliki kendali penuh terhadap infrastruktur dan data mereka karena jaringan yang dipakai merupakan jaringan lokal perusahaan, bahkan bisa diakses tanpa internet. Keuntungannya, jika internet mati, maka user tidak perlu khawatir dan tetap bisa kembali bekerja, hanya saja di beberapa waktu, jaringan akan mengalami lagging

Namun, karena menggunakan jaringan lokal yang ada di kantor, Anda tentu tidak dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja, terlebih jika membutuhkan sesuatu di luar jam kerja, maka Anda harus menunggu di hari kerja berikutnya. Selain itu, biaya yang dikeluarkan cenderung lebih mahal karena harus menginstal perangkat yang dibutuhkan untuk pengimplementasian supaya terhubung ke jaringan lokal. Biaya lain yang harus diperhatikan adalah biaya maintenance masing-masing perangkat yang lumayan tinggi, jika ingin menghemat biaya untuk menggunakan jasa software house, maka perusahaan perlu memiliki tim IT internal yang handal untuk mengambil alih tugasnya.

ERP Cloud

ERP cloud adalah jenis ERP yang dihosting di cloud server. Maka, untuk mengakses dan mengelola data di dalamnya, dibutuhkan jaringan internet meliputi paket data, modem, atau jaringan Wifi. Hal ini tentu mengganggu jalannya pekerjaan, namun jangan khawatir karena akses internet dewasa ini sudah sangat canggih sehingga case seperti ini akan sangat jarang ditemui.

Keuntungan menggunakan ERP cloud adalah Anda dapat mengakses sistem ERP kapan saja dan di mana saja. Jika Anda bekerja tidak hanya di kantor, maka sistem ERP akan sangat mudah dan fleksibel digunakan. Software house juga akan bertanggung jawab atas maintenance sistem. Biaya yang dikeluarkan saat mengimplementasikan ERP cloud juga relatif lebih terjangkau daripada ERP on-premise karena Anda tidak perlu menginstal jaringan di setiap perangkat yang akan digunakan. 

ERP Mobile

ERP mobile merupakan sistem ERP yang diperuntukkan untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Di era sekarang ini, memiliki smartphone merupakan hal yang umum karena sudah menjadi kebutuhan komunikasi manusia saat ini. Dengan kondisi ini, fleksibilitas pada jenis ERP ini lebih tinggi karena mempermudah akses serta maintenance. User tidak perlu tempat khusus untuk menempatkan komputer atau laptop. Hilangnya keterbatasan lokasi dan waktu akan meningkatkan produktivitas user. Apalagi mengingat bahwa handphone sangat ringan dibawa dan lebih mudah diakses karena manusia jaman sekarang hampir setiap jam membuka handphone

Namun, ERP Mobile juga memiliki beberapa keterbatasan fitur seperti yang ada di PC maupun laptop. Sehingga, jika user ingin mengerjakan data yang lebih kompleks, maka masih perlu perangkat yang kompatibel untuk membuka fitur lengkap dari sistem ERP. Selain itu, keterbatasan layar juga dapat menjadi masalah jika user ingin multitasking, terlebih pada telepon genggam.


Setelah membaca semua keuntungan dan kelemahan masing-masing jenis sistem ERP, Anda dapat mempertimbangkan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan Anda. Saran kami, jika Anda tidak memerlukan fitur-fitur yang kompleks atau skala perusahaan Anda masih relatif kecil, maka ERP mobile menjadi pilihan yang sangat baik karena akan meningkatkan produktivitas pengguna melalui aksesnya yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Untuk perusahaan yang relatif kompleks dengan cabang yang tersebar di berbagai kota, ERP cloud merupakan pilihan yang terbaik karena masing-masing kantor dapat memantau kinerja satu sama lain. Namun, jika perusahaan Anda masih berbasis lokal dan terpusat pada satu kantor dan tidak memerlukan adanya pekerjaan di luar jam kerja, maka ERP on-premise cocok untuk kebutuhan Anda. Hal tersebut tentunya menyesuaikan segala kebutuhan dan proses bisnis perusahaan Anda.

ERP merupakan alat yang penting dalam mengelola operasi bisnis secara efisien. Selain waktu kerjanya yang tidak singkat, ERP juga menelan biaya yang lumayan banyak. Maka, segala sesuatu terkait proses bisnis harus dipertimbangkan secara matang. Dengan biaya yang besar, pastikan sistem ERP digunakan secara maksimal supaya membantu efektivitas perusahaan.


Omnichannel ERP Sebagai Solusi Integrasi E-Commerce Dalam Satu Platform