Mengulik Histori Point Coffee dan Sosok di Baliknya
Saat ini, kopi Indomaret, Point Coffee sedang banyak dibicarakan karena rasanya yang konsisten, membuat banyak konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli berulang kali. Di balik rasanya yang konsisten, ada sosok berpengaruh yang meresepkan setiap menu dari Point Coffee. Sosok tersebut adalah Hendri Kurniawan, seorang Juri Barista bersertifikat Internasional yang berhasil memenangkan World Barista Championship Technical Judge pada tahun 2012.
Kisah Hendri Kurniawan, Pemilik Kedai Kopi A Bunch of Caffeine Dealers  (ABCD) dan ABCD School of Coffee
Berawal diundang oleh CEO dan Special Project Director Indomaret, kemudian, Hendri datang dengan ide baru, yakni mengutilisasi toko-toko Indomaret. Tak hanya membangun sistemnya, Hendri juga langsung terjun untuk melatih para barista Indomaret untuk meracik kopi-kopi dengan rasa yang dicintai masyarakat tersebut. Hasilnya, Point Coffee masih menjadi favorit masyarakat, meski tidak menyediakan tempat untuk nongkrong lebih lama.

Di masa awal munculnya, tepatnya di tahun 2016, Point Coffee belum setenar sekarang dan butuh banyak effort untuk memperkenalkan ke masyarakat. Pada saat itu, menu-menu yang ditawarkan memang tidak sebanyak sekarang, namun berhasil memikat masyarakat melalui diskon-diskon yang diberikan. Belum lagi, pada saat itu, barista Point Coffee terkenal ramah dan helpful saat melayani masyarakat. Sekarang, Point Coffee selalu ditunggu-tunggu dengan promo I Like Monday yang jumlah diskonnya kian menurun. Namun, merk tersebut telah berhasil menciptakan loyalitas di kalangan pelanggan karena terbukti enak dan masih tergolong murah di kalangan pesaingnya meski tanpa diskon.

Dari fakta ini kita dapat melihat bagaimana strategi marketing tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor, banyak faktor-faktor pendukung yang mungkin tidak terpikirkan oleh perusahaan di luar sana seperti melatih baristanya dengan pengetahuan yang cukup sehingga dapat memberikan rekomendasi dan skill ‘menjual’ yang tertarget. Selain itu, perlunya kekonsistenan rasa, pelayanan, dan sistem yang membuat keberlanjutan pembelian produk.
Mengenal Strategi Digital Marketing Saat Ini