Mengenal Strategi Digital Marketing Saat Ini


Apa itu digital marketing? 

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang mengutamakan penggunaan media digital untuk memasarkan produk dan layanan kepada konsumen. Digital marketing melibatkan situs website, media sosial, e-commerce, mesin pencari, dan media digital lainnya. Penggunaan digital marketing tidak hanya menjangkau konsumen lebih luas tetapi juga menjadi media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness suatu produk. 


Ada 10 digital marketing yang saat ini sedang berkembang, yaitu

1.    Content marketing

Jenis pemasaran daring yang berfokus pada pembuatan dan publikasi konten yang menarik untuk target konsumen. Contoh content marketing antara lain blog, video, dan podcast.

2.    Search Engine Optimization (SEO)

Pembuatan traffic di internet yang bertujuan untuk menarik pengunjung pada website perusahaan. SEO harus mengoptimalisasi kata kunci yang relevan dengan artikel yang dibahas, traffic dari SEO akan tumbuh secara organik dan gratis.

3.    Search Engine Marketing (SEM)

SEM juga bertujuan untuk meningkatkan traffic pengunjung pada website perusahaan melalui mesin pencarian. Namun, SEM menggunakan sistem berbayar sehingga akan muncul sebagai iklan pada search engine.

4.    Social Media Marketing (SMM)

Strategi pemasaran daring yang memanfaatkan media sosial. Penggunaan media sosial sebagai sarana penjualan juga dapat memudahkan perusahaan dalam menjalin hubungan dengan konsumen secara lebih mudah dan cepat.

5.    Pay-Per-Click Advertising (PPC)

Metode ini sejenis dengan pemasaran Google Ads, di mana pengiklan akan membayar orang-orang yang berkunjung ke website dan mengklik iklan perusahaan.

6.    Affiliate Marketing

Salah satu strategi pemasaran daring yang memanfaatkan pelaku bisnis lain untuk mempromosikan produk dari perusahaan. Pelaku bisnis tersebut kemudian akan mendapatkan komisi dari penjualan produk atau besaran leads yang mengklik website perusahaan.

7.    Email Marketing

Strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai media promosi. Email marketing ini berfungsi untuk menjalin hubungan dengan konsumen agar melakukan pembelian berulang serta menjaga hubungan baik dengan konsumen.

8.    Instant Messaging Marketing

Metode pemasaran instan messaging marketing memanfaatkan penggunaan aplikasi pesan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan WeChat. Promosi dilakukan dengan mengirimkan pesan promosi secara personal kepada konsumen.

9.    Radio Advertising

Melakukan promosi melalui radio masih terbilang efektif saat ini, meskipun tidak sebanyak menggunakan media internet. Pemasaran melalui radio dapat dilakukan dengan mengiklankan produk saat siaran berlangsung.

10. Television marketing

Televisi juga masih menjadi pilihan perusahaan dalam mengiklankan produk. Rata-rata seseorang dapat menghabiskan 4-5 jam untuk menonton TV. Untuk itu, beberapa perusahaan masih melakukan pemasaran melalui media televisi.

Jenis-jenis digital marketing di atas telah diterapkan oleh perusahaan di berbagai lini karena keefektifannya menjangkau masyarakat luas di mana segalanya dapat diakses melalui alat elektronik. Jenis-jenis marketing tersebut tentunya membutuhkan beberapa strategi yang harus diterapkan sesuai dengan ciri khas produk sekaligus target marketnya. Jika Anda sedang mencari agensi yang dapat diandalkan untuk mengoptimasikan strategi marketing di atas, konsultasikan kebutuhan Anda kepada kami dengan klik kontak di atas!

Simak Keuntungan Implementasi ERP di Bidang Kesehatan!