Ini Cara HMNS Berinteraksi Dengan Customernya!

 

HMNS adalah salah satu brand parfum lokal yang saat ini digemari oleh masyarakat karena kualitas produknya yang premium dan harganya yang masih sesuai dengan masyarakat. HMNS termasuk brand yang membangun engagement dengan audience nya sangat baik, sehingga mereka memiliki audience yang powerful. Pada tahun 2021, HMNS mendapatkan penghargaan Tokopedia Beauty Awards 2021 yang membuktikan bahwa suksesnya produk-produk mereka bersaing di industri kecantikan. Beberapa strategi marketing yang diterapkan oleh tim HMNS juga sangat baik sehingga mereka bisa membuat brand tersebut memiliki pertumbuhan yang signifikan. Diantaranya adalah brand stories, lean startup, minimum viable product dan flywheel marketing

Setiap melaunchingkan produk baru, mereka selalu membuat storytelling behind the product. Mereka mendeskripsikan value produk mereka dan bagaimana latar belakang mereka merilis parfum tersebut, mereka menceritakannya dengan kisah yang menyentuh hati. Seperti produk yang baru saja dirilis pada tanggal 14 Juni kemarin, “Essence of the Night” atau disebut EoN. Mereka membuat storytelling yang berjudul “The Death of Goddess” yang terinspirasi dari Chinese old tale of Tan Hua (昙花) / Queen of The Night. Kisah tersebut memuat tentang manusia yang jatuh cinta kepada Goddess of Flowers, wanita berwujud cantik dengan gaun putih yang indah yang merepresentasikan bunga Wijaya Kusuma, bunga yang hanya mekar satu kali selama 4 jam dalam 1 tahun. Melalui kisah yang diceritakan di setiap produknya, membuat audience menjadi bisa membayangkan harumnya varian parfum tersebut. Seperti contoh parfum variasi EoN, orang-orang jadi mengerti bagaimana harumnya bunga Wijaya Kusuma dan vibes dari parfum tersebut meskipun belum memiliki parfumnya secara fisik.

Konsep lean startup yang digunakan oleh HMNS berhasil menciptakan produk yang sesuai dengan pasar karena mereka berfokus pada pengembangan produk yang berbasis data. Mereka melakukan riset pasar yang mendalam untuk merilis produk, sehingga mereka bisa merumuskan ide produk yang tepat dengan kebutuhan pasar. Mereka juga menggunakan prinsip Minimum Viable Product, meluncurkan produk dengan jumlah yang tidak banyak untuk mengetahui respon dari masyarakat terkait produk tsb, jika dirasa ada yang perlu diperbaiki, mereka akan dengan cepat memperbaiki dan menyesuaikannya dengan pasar. Selain meningkat dan berkembangnya kualitas produk, strategi ini juga terkesan eksklusif bagi konsumen karena tidak semua orang bisa mendapatkan parfum tersebut meski mengikuti proses launching hingga war product. 

HMNS memiliki audience yang interaktif, setiap unggahan akan dibanjiri oleh komentar review dari audience. Hal ini karena HMNS menerapkan flywheel marketing. Mereka berfokus pada pengalaman konsumen dan meresponnya dengan interaktif, tidak hanya sekedar emoji. Mereka juga beberapa kali membuat kuis atau undian agar followers mereka berpartisipasi dengan aktif pada sosial media HMNS. Hal ini juga membantu tim HMNS dalam mengoleksi feedback dan opini-opini dari audience nya. Sehingga, HMNS dapat terus meningkatkan kualitas dan kebutuhan konsumen. Karena responsif dan terbukanya tim HMNS untuk berkomunikasi, menjadikan banyak followers nya yang aktif untuk berbagi cerita dan review produk dari mereka. 

Strategi-strategi yang diterapkan oleh tim HMNS sangatlah bagus dan memiliki manfaat yang luar biasa. Strategi di atas dapat diterapkan untuk bisnis lokalmu agar dapat berkembang seperti halnya HMNS. Jika kalian bingung dengan strategi marketing apa yang harus diterapkan, gunakan jasa digital marketing kami!


Apakah Fitness Center Bisa Menggunakan Sistem ERP?