Apakah Fitness Center Bisa Menggunakan Sistem ERP?

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, apakah bisnis di bidang jasa seperti fitness center bisa menggunakan sistem ERP, terlebih tidak ada produk yang dapat diintegrasikan seperti bisnis lain. Jawabannya, bisa. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan kebugaran jasmani membuat fitness center ramai dikunjungi dan dituntut untuk mengikuti permintaan dari pelanggan dengan serba cepat. Penerapan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengintegrasikan segala proses yang ada di dalam bisnis gym.


Sistem ERP merupakan software yang mengintegrasikan segala proses bisnis termasuk keuangan, manajemen hubungan pelanggan, stok gudang, sumber daya manusia, dan masih banyak lagi. Mari kita bedah, kira-kira modul apa saja yang bisa diimplementasikan kepada bisnis fitness center?

Membership Management (Manajemen Keanggotaan)

Modul manajemen keanggotaan akan membantu Anda untuk membuat dan mengelola profil anggota gym yang mendaftar, Anda dapat melacak anggota yang aktif, nonaktif, atau langganan yang telah kadaluarsa. Modul ini juga akan terintegrasi dengan lifestyle tracking, invoice, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan manajemen pelanggan.


Melacak Lifestyle, Nutrisi, dan Sistem Latihan

Modul ini digunakan untuk menyusun rencana latihan yang diesuaikan dengan lifestyle anggota yang nantinya akan mudah diakses oleh trainer. Terdapat modul yang menyimpan data-data peningkatan performa anggota termasuk kalori yang terbakar, penurunan berat badan, dan lain-lain.

HR: Absensi Karyawan dan Trainer

Dengan adanya modul ini, jam kerja dan absensi karyawan akan terekam dengan rapi. Anda dapat mengelola permintaan cuti yang nantinya dapat terintegrasi pada fitur PayRoll jika Anda mengaktifkannya.


!

Berbagai modul dapat dieksplor dengan request for a demo melalui kontak di bawah ini. Ayo mulai menggunakan sistem ERP untuk bisnis gym Anda!


Inventory: Stok Produk

Meski berada pada usaha di bidang jasa, modul penyimpanan stok ini dapat juga Anda gunakan untuk menyimpan produk-produk yang Anda jual seperti suplemen makanan. Pakaian olahraga, dan peralatan gym. Selain itu, jika Anda membuka toko online yang dapat dikirim ke luar kota, modul ini akan membantu melacak pengiriman dan penerimaan barang. Canggih bukan?

Maintenance: Sistem Perawatan Alat-alat Gym

Alat-alat gym yang rusak sering terlewat hingga mendapatkan komplain? Jangan khawatir! Modul maintenance akan membantu staf untuk memonitor jadwal perawatan semua peralatan gym Anda! Mulai dari tanggal perbaikan, kerusakan yang terjadi, hingga tindakan yang harus diambil, semuanya tercatat dengan rapi di modul ini!


Generate invoice

Dengan modul ini, Anda dapat mencetak faktur untuk berbagai jenis transaksi, seperti membership, pembelian produk, dan layanan sehari-hari. Fiturnya beragam, hingga melacak denda dan menagih anggota yang terlambat membayar biaya langganan. 


Report: Analisis Performa Bisnis

Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan fitur report yang digenerate secara otomatis melalui jejak-jejak penginputan Anda. Dengan fitur ini, Anda akan lebih cepat mengerjakan laporan bulanan dengan akurat dan up-to-date, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang lebih sesuai.


Di era digital ini, fitness center perlu beradaptasi dengan tuntutan pelanggan yang semakin tinggi. Sistem ERP hadir sebagai solusi untuk mengintegrasikan berbagai proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sekarang giliran Anda untuk membuktikan keefektifan ERP melalui IntiSoft!


Yuk Review UI/UX M-BCA vs Livin' vs BRImo!